Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Jumat, 25 Juni 2010

ROMANESQUE ARSITEKTUR

ROMANESQUE ARSITEKTUR

Arsitektur romantik adalah gaya arsitektur abad pertengahan Eropa, ditandai dengan lengkungan setengah lingkaran, dan berkembang menjadi gaya Gotik, ditandai dengan lengkungan menunjuk, dimulai pada abad ke-12. Walaupun tidak ada konsensus untuk tanggal awal gaya, dengan usulan mulai dari 6 ke abad 10, contoh dapat ditemukan di seluruh benua tersebut, membuat gaya arsitektur arsitektur Romawi dari arsitektur pan-Eropa pertama sejak Kekaisaran Romawi. gaya Romawi di Inggris lebih tradisional dikenal sebagai arsitektur Norman. Menggabungkan fitur dari bangunan Romawi Barat dan Bizantium, Romawi arsitektur dikenal dengan kualitas yang sangat besar, dinding tebal, bundar lengkungan, dermaga kokoh, kubah pangkal paha, menara besar dan arcading dekoratif. Setiap bangunan memiliki bentuk yang jelas dan mereka sering sangat teratur, sehingga rencana kinerja secara keseluruhan merupakan salah satu kesederhanaan bila dibandingkan dengan bangunan Gothic hingga simetris f.



KARAKTERISTIK BENTUK ATAP

Jenis paling sederhana dari kubah atap adalah kubah barel pada permukaan melengkung memanjang dari satu dinding ke dinding, panjang ruang akan melompat, misalnya, nave. Sebuah contoh penting, yang akan menyimpan lukisan abad pertengahan, adalah kubah Saint-Savin-sur-Gartempe, Prancis, dari abad ke-12 awal. Namun, kubah biasanya dibutuhkan dukungan dari dinding padat, atau dinding dimana jendela sangat smalGroin kubah terjadi di gedung-gedung Romawi kuno, khususnya di Katedral Speyer di mana kubah tinggi dari sekitar 1060 adalah karya pertama dalam arsitektur Romawi jenis kubah dengan lebar nave. Di gedung dan kemudian mempekerjakan vaultings berusuk, kubah groin yang paling sering digunakan untuk kurang terlihat dan kubah yang lebih kecil, khususnya di crypts dan gang-gang. Sebuah kubah paha hampir selalu persegi dalam rencana dan dibangun dari dua kubah barel berpotongan di sudut kanan. Tidak seperti kubah berusuk, lengkungan adalah anggota struktural.





Banyak gereja-gereja paroki, biara-biara dan gereja katedral dalam gaya romantik, atau pada awalnya dibangun dengan gaya Romawi dan kemudian mengalami perubahan. Roma gereja yang paling sederhana adalah aisless ruang dengan proyeksi apse pada akhir mimbar, atau kadang-kadang, terutama di Inggris, sebuah persegi dengan lengkungan memproyeksikan mimbar mimbar dihiasi dengan cetakan mungkin. ambisius gereja lain telah dipisahkan dari nave oleh ruang arcade. Biara-biara dan gereja-gereja katedral pada umumnya mengikuti rencana Latin Cross. Di Inggris, bagian timur ekstensi dapat lebih lama, sedangkan di Italia sering pendek atau tidak ada, gereja menjadi rencana T, kadang-kadang dengan ujung transept dan apses di timur. Di Prancis gereja St Front, Périgueux, tampaknya telah disalin Basilika Santo Markus, Venesia atau Gereja Byzantium Para Rasul Kudus dan rencana salib Yunani dengan lima kubah. Di wilayah yang sama, Angoulême Katedral adalah gereja aisless L.

KARAKTERISTIK DINDING



Karena sifat dinding romantik, penopang tidak fitur yang sangat signifikan, karena mereka dalam arsitektur Gothic. Romantik penopang profil persegi panjang umumnya datar dan tidak banyak proyek luar tembok. Dalam kasus gereja aisled, kubah, atau kubah setengah barel selama gang nave membantu untuk mendukung, apakah itu kubah. Dalam kasus di mana sebuah kubah setengah-barel yang digunakan, mereka secara efektif menjadi seperti terbang penopang. Seringkali diperpanjang melalui lorong lantai dua, bukan dari biasanya dalam arsitektur Gothic, sehingga dukungan yang lebih baik berat badan seorang nave berkubah. Dalam kasus Durham Cathedral, terbang penopang telah bekerja, tetapi tersembunyi dalam triforium galeri.

MENARA



Menara, yang merupakan ciri penting dari gereja Roma dan sejumlah besar dari mereka masih berdiri. Mereka mengambil banyak bentuk, persegi, bulat dan segi delapan, dan diposisikan secara berbeda dalam kaitannya dengan gereja di negara yang berbeda. Di utara Perancis, dua menara besar, seperti yang ada di Caen adalah menjadi bagian integral dari fasad dari setiap biara besar atau katedral. Di Perancis tengah dan selatan adalah variabel yang lebih banyak dan sebuah gereja besar mungkin memiliki pusat atau menara menara. gereja-gereja utama dari Spanyol dan Portugal biasanya memiliki dua menara. Banyak biara-biara di Perancis, seperti di Cluny, menara ini memiliki bentuk bervariasi banyak. Hal serupa juga terjadi di Jerman, di mana kadang-kadang menara apses dibingkai oleh lingkaran dan persimpangan diatasi dengan sebuah menara segi delapan di Worms Katedral. pasangan menara persegi besar rencana juga bisa terjadi pada akhir transept, pada Tournai Cathedral di Belgia. Di Jerman, di mana empat menara yang sering terjadi, mereka sering memiliki sebuah menara.

DEKORASI (ORNAMEN)



dekorasi Arsitektur Arcading adalah fitur yang paling signifikan arsitektur romantik dekoratif. Ini terjadi dalam berbagai bentuk, dari band Lombard yang merupakan deretan lengkungan kecil yang muncul untuk mendukung garis atap atau kursus, sering buta untuk dangkal arcading Inggris dan fitur arsitektur dilihat di banyak Ely Cathedral besar, dengan kurcaci galeri terbuka, pertama kali digunakan dalam Speyer Cathedral dan diadopsi secara luas di Italia seperti terlihat di kedua Pisa Cathedral dan Menara Miring terkenal. Arcade dapat digunakan untuk efek besar, baik eksternal dan internal, sebagaimana dicontohkan oleh gereja Santa Maria della Pieve, di Arezzo. Periode romantik Arsitektur patung patung yang dihasilkan profesi ornamen. Hal ini paling sering mengambil bentuk geometri murni dan terutama digunakan untuk cetakan, baik program dekorasi arch lurus dan melengkung. Dalam La Madeleine, Vézelay, misalnya, kubah rusuk polikrom semua datar dengan fillet sempit melalui batu. dekorasi serupa terjadi sekitar lengkungan nave dan perjalanan horizontal di sepanjang arcade dan memisahkan clerestory. Dikombinasikan dengan menembus diukir salah satu modal, memberikan nikmat dan perbaikan interior Di Britania Raya., Diskrit dekorasi seperti itu bisa, di Hereford dan katedral Peterborough, atau rasa energi besar di Durham dimana rusuk diagonal pada kubah semua dijelaskan dengan chevrons, cetakan dari arcade nave yang diukir dengan berbagai lapisan dan kolom yang sama besar gores dengan berbagai pola geometris menciptakan rasa arah.

PATUNG FIGURATIF



Dengan runtuhnya Kekaisaran Romawi, tradisi ukiran karya besar dalam seni patung batu dan perunggu angka orang mati. Karya-karya seni patung paling terkenal hidup besar Eropa proto-romantis adalah ukuran Salib ditugaskan oleh Uskup Agung Gero of Cologne di sekitar 960-65. [19] Selama abad ke-11 dan ke-12, patung figuratif dikembangkan dalam gaya romantik yang dapat dengan jelas diakui di seluruh Eropa, meskipun proyek patung paling spektakuler terkonsentrasi di Selatan-Barat Perancis, Spanyol dan Italia Utara. Mayor hiasan figuratif terjadi terutama di sekitar gerbang katedral dan gereja-gereja, menghiasi timpanum, lintels, jambs dan pusat pos. timpanum biasanya dihiasi dengan gambar Kristus di Mulia dengan simbol dari Empat Penginjil, diambil langsung dari penutup emas dari Kitab Injil abad pertengahan. Gaya pintu di daerah banyak dan terus periode Gothic. Sebuah hidup langka di Inggris.





Permukaan dinding besar dan polos, kubah melengkung periode romantik dipinjamkan diri untuk hiasan mural. Sayangnya, banyak lukisan dinding awal telah dihancurkan oleh lembab atau dinding telah replastered dan dicat. Di Inggris, Perancis dan gambar seperti Belanda secara sistematis hancur dalam buti iconoclasm Reformasi. Di negara-negara lain, mereka telah menderita dari perang, kelalaian dan mengubah mode. Sebuah skema klasik untuk hiasan dicat penuh sebuah gereja, berasal dari contoh sebelumnya sering di mosaik, memiliki, sebagai titik fokus di apse semi-kubah, Kristus di Mulia atau Kristus Penebus bertahta dalam mandorla dan dibingkai oleh empat binatang bersayap , simbol dari Empat Penginjil, membandingkan langsung dengan contoh-contoh dari selimut emas atau iluminasi dari Injil Buku periode. Jika Perawan Maria adalah dedicatee gereja, dia mungkin menggantikan Kristus. Fragmen citra tertua-dikenal dari gaya kaca patri berasal dari abad pertengahan abad ke-10. Angka-angka ini lima jendela utuh awal di Augsburg nabi, yang berasal dari abad ke-11 akhir. Angka-angka, meskipun kaku dan formal, menunjukkan kemampuan yang cukup besar dalam desain, baik pictorially dan dalam penggunaan kaca fungsional, menunjukkan bahwa pembuat mereka sudah terbiasa dengan media. Dalam Canterbury dan Katedral Chartres, sejumlah panel dari abad ke-12 telah selamat, termasuk, di Canterbury, sosok menggali Adam, dan satu putra Seth dari serangkaian Leluhur Kristus. Adam adalah gambar yang sangat naturalistik dan kehidupan, sedangkan pada sosok Seth, jubah itu telah digunakan untuk efek dekoratif besar, mirip dengan ukiran batu terbaik periode. Sebagian besar kaca patri megah di Perancis, termasuk jendela-jendela yang terkenal dari Chartres, berasal dari abad ke-13. Jauh lebih sedikit jendela besar tetap utuh dari abad ke-12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar